Mengisi Baterai Ponsel Dengan Panas Tubuh Manusia

power pocket

Berdasarkan sumber tempo.co, Berkshire memberitakan bahwa akan hadir di tengah masyarakat teknologi terbaru sehingga membuat Anda bisa mengisi baterai ponsel dengan memanfaatkan panas tubuh manusia yang kemudian di transfer menjadi energi listrik. Hal ini diungkapkan oleh salah satu operator jaringan ponsel di Inggris, yaitu Vodafone. Vodafone mengungkapkan hal ini pada pertengah bulan juni 2013 ini bahwa teknologi ini disebut dengan Power Pocket.

Teknologi yang  membuat panas tubuh manusia berubah menjadi energi listrik disebut dengan teknologi thermocouples.  Thermocouples adalah berbentuk sepasang material termoelektrik yang berukuran sangat kecil dan fleksibel. Thermocouples ini berfungsi untuk menangkap panas tubuh manusia. Thermocouples  ini kemudian telah dicetak dan disambungkan pada kantong baju atau celana Anda.

power pocket charger

Profesor sistem elektronik di University of Southampton yang bernama Stephen Beeby menyatakan bahwa “Salah satu sisi dari kantung itu dingin dan sisi lainnya panas. Saat tubuh Anda menghasilkan panas melalui kantung itu, Anda menciptakan voltase dan arus. Voltase dan arus secara bersamaan menghasilkan kekuatan tenaga listrik.”

Kemudian, listrik yang  tercipta dari perbedaan suhu tersebut antara lapisan dalam dan luar kantong itulah yang lalu dimanfaatkan sebagai pengisi ulang energi baterai ponsel Anda. Jadi, sistem kerjanya adalah seperti ini apabila ponsel Anda diletakkan selama 4 jam dalam saku baju yang memiliki thermocouples, akan secara otomatis baterai ponsel Anda dengan sendirinya terisi untuk pemakaian selama sekitar 4 jam pula.

Perangkat ini telah tersedia di Isle of Wight Festival mulai tanggal 13-16 Juni 2013 di Inggris, dan ini akan hadir juga dalam festival sposor Vodafone yang lainnya. Inovasi teknologi seputar pengisian lang batere ponsel melalui panas tubuh ini sebenarnya sudah pernah dilakukan sebelumnya oleh seorang mahasiswa pascasarjana dari Wake Forest University, di North Carolina, Amerika Serikat pada akhir Februari 2012. Ia menamakan teknologi itu dengan sebutan Power Felt. Inovasi pengisian baterai ponsel lainnya juga bisa dilakukan dengan bersepeda, dengan tenaga airbahkan pada akhir Mei 2013 ditemukan pengisi baterai ponsel yang hanya memerlukan waktu 20 detik.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>