Review Blackberry Z30

Tak bisa dimungkiri, kemunculan aplikasi BBM lintasplatform menjadi salah satu pemicu beralihnya sejumlah pengguna BlackBerry ke smartphone berbasis Android atau iOS. Tapi ini bukan berarti BlackBerry harus menyerah bersaing dengan para kompetitornya. Ini terbukti dengan munculnya BlackBerry Z30, phablet pertama milik BlackBerry.

BlackBerry Z30 mengusung garis desain yang mirip dengan Z10. Phablet berlayar 5 inci ini hadir dengan tampilan yang premium. Desain bodinya sangat solid dan memiliki bobot yang lumayan berat. Walau begitu, BlackBerry Z30 nyatanya sangat nyaman digenggam dan masih mudah jika dinavigasikan dengan satu tangan. Z30 hadir dengan layar berteknologi Super AMOLEDdengan resolusi 1.280 x 720 pixel.

Meski belum beresolusi Full HD seperti smartphone premium sekelasnya, layar Z30 masih mampu menyajikan tampilan yang tajam dengan warna relatif akurat berkat tingkat kerapatan pixel yang cukup tinggi, yakni 295ppi. BlackBerry Z30 hadir dengan menganut konsep unibody yang artinya Anda tidak akan bisa melepas pasang baterainya. Tapi, penutup belakangnya yang bermotif karbon bisa dilepas pasang guna memasang kartu SIM atau kartu memori SD yang bersembunyi di panel belakangnya.

Sama seperti BlackBerry Z10, tidak banyak tombol yang bisa ditemukan di bodinya. Bagian atasnya hanya terdapat tombol power dan port audio jack 3,5 milimeter. Bagian kanan bodi terdapat tombol volume dan bagian kiri bodi hanya tersedia port micro USB dan micro HDMI. Biarpun Z30 hadir dengan BlackBerry OS 10 terbaru, yaitu BlackBerry 10.2, tidak terasa banyak perubahan pada sisi antarmukanya. Navigasi tetap dengan kendali gesture sapuan layar. Sapu layarnya ke atas untuk membuka kunci layar atau ke luar dari aplikasi yang sedang Anda buka.

Antarmuka awal akan menyambut Anda dengan halaman berisi tabaplikasi yang sedang dijalankan. Jika sapuan layar diarahkan ke kiri, Anda akan menemukan seluruh aplikasi yang ada di BlackBerry Z30. Sementara sapuan layar ke kanan akan menyambut Anda dengan tampilan BlackBerry Hub yang berisi kumpulan pesan SMS, BBM, dan email. BlackBerry Hub kini juga hadir dengan Priority Hub yang bisa diatur untuk menampilkan pesan-pesan penting Anda yang menjadi prioritas.

Bicara kinerja, BlackBerry Z30 bisa dibilang memiliki performa yang cukup buas. Smartphone ini ditenagai oleh prosesor dual-core Qualcomm S4 Pro yang berlari pada kecepatan 1,7GHz dengan dukungan chip grafis dari Adreno 320. Besaran RAM yang dimilikinya 2GB, sementara kapasitas ruang penyimpanan internalnya 16GB. Dengan spesifikasi tersebut, BlackBerry Z30 sanggup melahap tugas berat dengan sangat baik. Membuka 6 aplikasi sekaligus tidak membuat performanya menurun, berselancar di internet dengan membuka 10 tab pun sama sekali tidak terasa lag. Gemar main game?Game sekelas Real Racing 3 bisa dijalankan dengan sangat mulus di BlackBerry Z30. Sayangnya, spesifikasi Z30 ini memang terasa cukup sia-sia mengingat belum banyaknya aplikasi yang tersedia di BlackBerry AppWorld.

Dari hasil pengujian, Z30 memang bisa dikatakan sebagai smartphone BlackBerry terbaik yang ada saat ini. Performanya yang sangat kencang, kamera dan performa suara speaker yang amat baik, serta kemampuan multimedia yang mumpuni berhasil menutupi kekurangannya di sektor aplikasi yang masih tergolong minim. Dengan kemasan desain premium dan performanya yang oke, Z30 tentu bisa membangkitkan gairah siapa saja untuk kembali menggunakan BlackBerry. Apabila Anda tidak memusingkan aplikasi dan menginginkan smartphone canggih yang tidak pasaran, BlackBerry Z30 merupakan pilihan tepat dan sepadan dengan harganya yang dibanderol sebesar Rp7,9 juta.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>