HTC One M8

HTC akhirnya meluncurkan HTC One M8 di New York, Amerika Serikat. Smartphone penerus HTC One ini datang dengan berbagai peningkatan dan tambahan fitur. Peningkatan apa saja yang dibawa oleh HTC One M8 dibanding HTC One M7.

Bodi kokoh

Smartphone HTC One generasi pertama datang dengan perubahan desain dengan menghadirkan bodi yang 70 persennya terbuat dari aluminium. Nah, pada HTC One generasi kedua ini, HTC menambahkan kadar metal aluminiumnya hingga 90 persen dari bodi HTC One M8. Meski datang dengan bodi yang hampir seluruhnya dibalut bahan metal, HTC One tidak terlihat tebal. Bahkan, berkat bodi belakangnya yang lebih melengkung, HTC One M8 dapat menciptakan efek seakan lebih langsing dibandingkan pendahulunya.

Lebih cepat, lebih bertenaga

HTC meningkatkan performa HTC One M8 dengan cara menggunakan prosesor Snapdragon 801 berkecepatan 2,3GHz untuk pasar Amerika dan 2,5GHz untuk Eropa serta Asia. Artinya, lebih tinggi ketimbang prosesor Snapdragon 600 berkecepatan 1,7GHz yang dipasang pada HTC One generasi pertama. Kemudian, HTC memadukan prosesornya itu dengan RAM 2GB dan GPU Adreno 330. Satu hal yang cukup menggembirakan bagi para pecinta HTC datang dari konfigurasi media penyimpanan. Tak seperti pendahulunya yang hanya mengandalkan memori internal berkapasitas 32GB atau 64GB tanpa penambahan memori lewat microSD, HTC One M8 kini dilengkapi pula dengan selot kartu memori microSD yang kapasitas maksimalnya 128GB serta memori internal kapasitas 16GB dan 32GB.

Layar lebar dengan baterai besar

Selain performa, HTC meningkatkan pula ukuran layar dan kapasitas baterai HTC One generasi kedua ini. Jika HTC One sebelumnya memakai layar Full HD ukuran 4,7 inci, HTC One M8 mengusung layar berukuran 5 inci dengan resolusi yang sama, yakni 1920 x 1080 pixel Full HD. Layarnya juga sudah dilindungi oleh pelapis Gorilla Glass 3. Kapasitas baterai juga turut menjadi perhatian. Jika sebelumnya HTC menyematkan baterai berkapasitas 2.300mAh, kini baterainya datang dengan kapasitas 2.600mAh. Tak hanya itu, HTC juga mengklaim bahwa daya tahan baterai pada HTC One M8 lebih kuat hingga 40% dibandingkan generasi sebelumnya.

Dilengkapi dua kamera

Bocoran gambar HTC One M8 yang banyak beredar di sejumlah situs asing mungkin membuat Anda penasaran apakah benar smartphone ini memiliki 2 kamera di bagian belakang. Jawabannya adalah ya. HTC One M8 dilengkapi 2 kamera yang memiliki ukuran dan teknologi berbeda. Kamera pertama atau utama yang memiliki ukuran lebih besar masih mengandalkan teknologi Ultrapixel seperti HTC One generasi pertaman. Hanya saja, HTC kali ini menerapkan beberapa perbaikan untuk hasil foto yang lebih baik. Kejutan datang dari kamera kedua yang memiliki ukuran lebih kecil yang ditempatkan di atas kamera utama. Modul kamera kedua HTC One M8 ini berfungsi sebagai sensor yang dapat memperkirakan dan menangkap kedalaman dimensi foto.

Kamera kedua ini bisa digunakan untuk menghasilkan foto dengan efek bokeh atau blur tanpa harus menggunakan aplikasi pihak ketiga. Uniknya, penerapan efek bokeh dapat dilakukan setelah Anda selesai mengambil foto. Dengan begitu, Anda bisa menentukan bagian atau area fokus mana yang ingin ditonjolkan. Fitur yang memungkinkan penentuan fokus setelah foto diambil ini disebut Ufocus. Untuk kamera depan, HTC One M8 yang biasa digunakan untuk selfie kini mampu menghasilkan jepretan foto yang tak kalah tajam. Hal ini dimungkinkan berkat kehadiran modul kamera yang sensornya beresolusi 5 megapixel.

Fitur BoomSound

Salah satu fitur yang membedakan HTC One dengan smartphone lain adalah kehadiran dua buah speaker stereo yang diposisikan di bagian depan, tepat di atas dan bawah layar. Speaker yang yang dinamai BoomSound ini juga tak luput dari perhatian HTC saat mendesain HTC One M8. Jika Anda merasa lantunan musik yang ke luar dari speaker BoomSound pada HTC One generasi pertama sudah lebih dari cukup, pada generasi kedua ini performanya ternyata sudah lebih tinggi. HTC mengklaim bahwa suara yang dikeluarkan oleh HTC One M8 lebih keras dan lebih jernih dibandingkan pendahulunya. Bukan cuma itu, HTC juga turut meningkatkan amplifier yang dibenamkan agar dapat menghasilkan suara yang lebih keras dan lebih jernih, baik saat mendengarkan lagu pakai speaker maupun headphone.

Harga dan ketersediaan

Jika kebetulan sedang berlibur ke Inggris, Anda dapat langsung membawa pulang HTC One M8 dengan harga sekitar Rp8,3 juta. HTC rencananya akan segera menghadirkan HTC One M8 ke pasar Amerika Serikat dan Kanada mulai bulan depan. Sementara untuk Indonesia belum ada informasi terkait harga dan waktu pemasarannya.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>