Jalur Masuk IPB

Penerimaan Mahasiswa Baru IPB 2014

Menjadi mahasiswa di Institut Pertanian Bogor (IPB) menjadi incaran bagi mereka yang baru saja lulus setiap tahunnya. Hal ini wajar mengapa banyak sekali yang ingin menjadi mahasiswa di IPB (Institute Pertanian Bogor) dari berbagai penjuru tanah air. Nama IPB sudah menjadi salah satu Universitas ternama yang dimiliki Indonesia. IPB juga masuk dalam jajaran teratas 500 Universitas terbaik di dunia. Jadi sudah tak mengherankan jika banyak sekali peminat yang ingin masuk ke Institute Pertanian Bogor.

Penerimaan Mahasiswa Baru di IPB bisa ditempuh dari 5 jalur bagi lulusan SLTA, SMA, MA, SMK, D3 dan sederajat untuk program sarjana. Jalur pertama yang bisa ditempuh adalah melalui jalur SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri), yaitu jalur masuk berdasarkan penjaringan prestasi akademik. Jadi calon mahasiswa dilihat prestasi akademiknya selama masa sekolahnya. Apakah ia termasuk juara sekolah dengan nilai di atas rata-rata sekolah. Biasanya tiap sekolah memiliki jatahnya masing-masing untuk diterima melalui jalur ini. Dan kuota yang diberikan pada tiap sekolah pun dinilai dari performa alumni sekolah yang meneruskan pendidikannya di IPB. Jalur kedua adalah SBMPTN, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri, atau sebelumnya dikenal dengan Jalur Ujian Tertulis dan/atau Keterampilan. Tes ini diselenggarakan oleh pemerintah.

Tiga jalur seleksi lainnya dikelola secara mandiri oleh IPB yaitu Prestasi Internasional dan Nasional (PIN), Beasiswa Utusan Daerah (BUD),  dan Ujian Talenta Masuk IPB (UTMI).

UTM IPB (Ujian Talenta Masuk Institut Pertanian Bogor) adalah ujian untuk menjaring kemampuan kepemimpinan dan kewirausahaan calon mahasiswa. Hal ini bertujuan untuk memajukan pertanian Indonesia dan menyiapkan mereka menjadi calon pemimpin bangsa yang berkualitas.

Sedangkan Beasiswa Utusan Daerah (BUD) bekerja sama dengan pemerintah daerah. Pemerintah daerah yang sudah terdaftar di IPB mengutus calon mahasiswa yang akan dikirimkan untuk menempuh pendidikan di IPB. Dan seluruh biaya pendidikan atapun biaya hidup pun ditanggung oleh pemerintah.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>