Review LG G3

LG G3

Persaingan di ranah smartphone Android kembali menghangat. Kali ini giliran LG yang memanaskan persaingan dengan mengeluarkan LG G3 yang telah dibekali berbagai inovasi terbaru, berikut adalah review LG G3.

Layar Quad HD

Kejutan pertama akan langsung terlihat di layar True HD-IPS+ 5,5 incinya yang kini mengemas resolusi Quad HD atau 2560 x 1440 pixel. Resolusinya tersebut membuat layarnya memiliki kerapatan pixel hingga 538 ppi (pixel per inci). Ini menjadikan G3 sebagai smartphone Android pertama dengan layar 5,5 inci paling tajam di dunia. Saking tajamnya, LG sendiri mengklaim bahwa Anda tidak akan dapat melihat pixel yang ada di layar karena gambar dan teks yang ditampilkan akan sangat halus.

Desain lebih mewah

Sebagai ponsel andalan, LG memberikan sentuhan kemewahan bagi G3. Ini terlihat tidak hanya dari desain Floating Arc yang lebih ramping dan tetap ergonomis, tapi juga dari bahan dan finishing yang digunakannya. LG menggunakan bahan metalik dengan finishing matte yang terlihat mewah dan tidak menarik bekas sidik jari. Pilihan warnanya juga cukup elegan yaitu Metallic Black, Silk White, Shine Gold, Moon Violet dan Burgundy Red.

UI & Fitur baru

Mengikuti tren yang ada, UI pada LG G3 kini lebih flat. Hasilnya, tampilan UI di LG G3 terlihat sealiran dengan UI iOS 7 pada iPhone dan ZenUI pada ASUS ZenFone. Ada beberapa fitur baru yang dimasukkan ke dalam G3, seperti Smart Keyboard yang dapat diatur tinggi tombolnya dan diatur untuk karakter tertentu serta Smart Notice yang dapat mengingatkan dan merekomendasikan berbagai hal berdasarkan pola penggunaan penggunanya. Selain itu terdapat Smart Security yang merupakan gabungan dari beberapa fitur seperti Knock Kode yang dapat mengamankan ponsel menggunakan pola ketukan layar, Content Lock untuk menjaga file pribadi agar tidak dapat diakses pengguna lain, serta Kill Switch yang dapat menghapus dan mengunci ponsel dari jarak jauh jika hilang atau dicuri.

Kamera dengan Laser Auto Focus 

Di sektor kamera, LG G3 telah mengemas kamera 13 megapixel dengan teknologi OIS+ seperti pada G Pro 2. Dengan teknologi OIS+, hasil foto akan tetap tajam di kondisi cahaya temaram atau jika tangan Anda sedikit bergoyang saat memotret. Kameranya juga telah mengemas dua flash LED untuk hasil foto dengan flash lebih baik. Untuk penggemar selfie, LG menyediakan kamera depan 2,1 megapixel yang memiliki ukuran sensor lebih besar dan lensa lebar 77 derajat lebih terang.

Ada satu teknologi baru yang dikemas G3, yaitu di sektor sistem autofocus. LG G3 telah menggunakan teknologi Laser Auto Focus, yang pertama di dunia smartphone. Dengan menggunakan laser untuk menentukan fokus, LG mengklaim bahwa G3 dapat menemukan fokusnya lebih cepat dari Anda mengedipkan mata.

Spesifikasi kelas atas

Untuk menjalankan semua fitur canggih tersebut di atas, LG G3 mengandalkan paduan chipset Snapdragon 801 dengan prosesor Krait 400 quad-core 2,5GHz, GPU Adreno 330, dan RAM 2GB untuk versi dengan memori internal 16GB dan 3GB untuk versi 32GB. Daya tahan baterai juga diperhatikan dengan disematkannya baterai berkapasitas 3000 mAh. Uniknya, baterai ini dapat dilepas-pasang sendiri sehingga Anda dapat membeli baterai kedua untuk cadangan.

Mencermati spesifikasi dan fiturnya, tidak diragukan lagi bahwa LG G3 layak menjadi salah satu smartphone Android tercanggih untuk tahun 2014. Ponsel ini akan dijual di Korsel mulai hari ini dan belum ada informasi mengenai ketersediaannya di Indonesia. Namun kami prediksi bahwa LG G3 akan mulai tersedia akhir bulan Juni 2014 mendatang dengan harga sekitar 7,5 juta rupiah.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>