Plus Minus E-Money

Uang Elektronik

Perkembangan jaman yang menuntut kemajuan sistem dan kecepatan dalam aktivitas sehari-hari memaksa teknologi untuk terus berkembang seiring dengan tuntutan jaman. Banyak hal yang harus diatasi termasuk dalam hal bertransaksi. Untuk mengatasi masalah dalam melakukan transaksi baik secara online ataupun secara offline maka dibuatlah uang elektronik yang merupakan pengganti uang yang dapat digunakan untuk bertransaksi secara online ataupun offline tergantung media yang dipergunakan.

Uang digital memiliki nilai atau stored value yang tersimpan sesuai dengan jumlah uang yang sebelumnya telah dibayarkan karena sistem ini menggunakan sistem pra bayar atau prepaid. E-money dapat dipergunakan untuk bermacam jenis pembayaran. Anda dapat menggunakan e-money online atau e-money card. Pada e-money online, terdapat 3 pihak yang terlibat yaitu pembeli, penjual dan penyedia layanan seperti Kesles sehingga memungkinkan transaksi dapat berjalan dengan aman dan lancar.

Keuntungan dari penggunaan e-money diantaranya yaitu:

  • Dengan e-money online, Anda dapat bertransaksi online dengan aman dan cepat.
  • Anda tidak perlu lagi lama menunggu untuk mendapatkan kembalian ketika melakukan transaksi baik secara online ataupun offline
  • Memberikan kemudahan bagi Anda ketika sedang melakukan transaksi sehingga Anda tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah tertentu dan Anda akan terhindar dari tindak kejahatan misalnya perampokan.
  • Dengan menggunakan e-money, Anda dapat menggunakannya untuk bertransaksi apa saja atau multipurpose misalnya untuk membayar tiket transportasi, membayar parkir, membayar uang tol atau ketika Anda makan di fast food.
  • Semua transaksi tersimpan di database sehingga Anda tidak perlu mengingat pengeluaran Anda untuk apa saja.

Akan tetapi, uang elektronik masih memiliki kelemahan yang akan dan masih terus diperbaiki karena sistem yang digunakan bukan sistem yang mudah. Misalnya untuk e-money online karena harus melibatkan komputer dan akun email dan karena menggunakan internet sebagai jaringannya dan walaupun aman, namun masih terdapat kemungkinan akun akan diretas dan dapat terinfeksi virus. Jika menggunakan e-money offline atau e-money card, terdapat kemungkinan kegagalan sistem, gagalnya software dan hilangnya koneksi internet juga dapat menyebabkan masalah yang serius ketika mentransfer uang.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>