Kekurangan Menggunakan Setor Tunai ATM

Kekurangan Menggunakan Setor Tunai ATM

Kekurangan Menggunakan Setor Tunai ATM

 

Anda mungkin sudah mengenal metode setor tunai ATM dimana nasabah memasukan lembaran uang dalam jumlah tertentu kedalam mesin ATM untuk menabung, transfer uang ke rekening lain ataupun melakukan pembayaran tagihan PLN, Internet, PAM dan lainnya. Keberadaan mesin ATM setor tunai memang memberikan banyak kemudahan bagi masyarakat yang ingin melakukan transaksi keuangan.

Kekurangan Menggunakan Setor Tunai ATM

Pada dasarnya fungsi ATM setor tunai bisa mengantikan peranan seorang teller bank dimana mesin ATM setor tunai bisa menghitung uang yang anda setor, men-kreditkan saldo rekening bank hingga transfer uang antar bank. ATM setor tunai termasuk salah satu bukti dari kemajuan teknologi jaman sekarang, namun ditengah kelebihannya tersebut tetap saja terdapat beberapa kekurangan yang mungkin saja bisa terjadi. Untuk itu silakan simak poin poin berserta penjelasan berikut ini.

  • Uang terselip Mesin

Kejadian uang terselip ataupun ditolak mesin ATM setor tunai kerap terjadi. Seringkali nasabah lantas membatalkan melakukan penyetoran uang. Padahal penyebab uang ditolak mesin bisa dikarena terlipat, kondisi uang yang lecek, sobek ataupun basah. Oleh karena itu disarankan bagi anda untuk mengecek kembali apakah ada uang yang kondisinya terlipat, sobek, lecek dan basah. Apabila uang tetap ditolak mesin maka sebaiknya anda menganti uang yang baru.

  • Uang Tertelan Tapi Transaksi Dibatalkan

Kejadian satu ini seringkali membuat nasabah cemas dan panik. Bagaimana tidak karena kondisi jaringan perbankan yang sedang error tidak tertutup kemungkinan uang yang disetorkan kedalam mesin tapi transaksi malah dibatalkan atau dengan kata lain, uang anda sudah berada di dalam mesin tapi saldo tabungan tidak bertambah. Jangan panik dan segera hubungi call center resmi Bank  untuk mengatasi permasalahan seperti ini, biasanya dalam kurun waktu 7 hingga 14 hari uang anda akan dikembalikan.

  • Kartu ATM Tidak Bisa Keluar Setelah Transaksi

Kartu ATM tertelan tidak hanya terjadi pada saat penarikan tunai, saat anda melakukan setoran tunai pun tidak tertutup kemungkinan mengalami hal yang serupa. Penyebab kartu ATM tertelan biasanya disebabkan oleh faktor mesin yang error atau kondisi teknis lainnya. Bila anda mengalami kejadian seperti ini, maka solusi terbaik yaitu menghubungi call center Bank untuk melakukan pemblokiran kartu ATM supaya tidak disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Semua kekurangan mesin ATM setor tunai seperti yang sudah di jelaskan tadi tidak anda jumpai apabila menggunakan metode pembayaran dompetku plus ketika melakukan transaksi online. Demikianlah ulasan singkat mengenai kelemahan setor tunai ATM, semoga bermanfaat.

Beberapa Manfaat yang di Dapat Bila Menggunakan ATM Setoran Tunai

beberapa-manfaat-yang-di-dapat-bila-menggunakan-atm-setoran-tunai

Meski mesin Anjungan Tunai Mandiri atau lebih dikenal dengan ATM jenis setor tunai mandiri sudah hadir sejak lama, namun ternyata hingga saat ini penduduk Indonesia masih banyak yang belum mengetahui cara penggunakannya secara pasti. Bahkan tak sedikit dari mereka merasa awam dengan adanya mesin ini. Akibatnya hingga saat ini mesin ATM setoran mandiri banyak yang tidak digunakan sehingga kehadirannya tidak begitu bisa dimaksimalkan. Padahal dalam penggunakan sistem ATM jenis ini sangatlah mudah, seperti layaknya pengoperasian ATM jenis tarik mandiri. Sebenarnya bila ditinjau dari kepraktisannya, ATM jenis setoran tunai juga sama halnya dengan ATM jenis tarik mandiri. Adapun beberapa manfaatnya adalah sebagai berikut.

  1. Layanan tanpa batas waktu.

Berbeda seperti di kantor Bank yang memiliki jam operasional, mesin ATM ini tidak memiliki jam buka/ tutup. Jadi anda bebas melakukan tranfer dan setor tunai disetiap waktu bahkan hari libur sekalipun.

  1. Transfer keseluruhan Bank lebih mudah.

Anda bisa menggunakan mesin ATM ini untuk kepentingan berbagai transfer, baik antar Bank maupun sesama Bank. Untuk transfer antar Bank biasanya anda akan dikenakan biaya administrasi dengan jumlah nominal tertentu.

  1. Tanpa harus mengantri panjang ketika menabung.

Dengan menggunakan ATM setoran tunai, anda bisa manabung lebih cepat dan tentunya efisien, karena anda tak perlu antri panjang dan berjam-jam di teller Bank. Anda bisa melakukan transfer tunai diberbagai ATM yang tersedia.

  1. Dapat digunakan untuk berbagai pembayaran via online.

Sama seperti mesin ATM jenis tarik tunai, mesin ATM jenis setoran juga dapat digunakan untuk membayar berbagai tagihan via online, seperti tagihan listrik, PDAM, pembayaran TV berbayar, tiket pesawat, tiket kereta api, pembelian pulsa, dan masih banyak lainnya.

Meski memiliki banyak manfaat untuk nasabah, namun bukan berarti jika sistem setoran tunai melalui mesin ATM ini 100% aman. Selalu berhati-hatilah dalam melakukan transaksi dan usahakan agar pin ATM anda tidak bocor ke orang lain. Selain melalui ATM, anda juga bisa melakukan setor tunai yang aman melalui Dompetku Plus.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>