Elemen-Elemen Yang Ada Pada Virtual Reality

Apakah anda mengenal teknologi canggih Virtual Reality atau VR. Teknologi yang satu ini memang ada di beberapa tahun yang lalu, hanya saja popularitasnya semakin menjadi di sekitar 2 tahun belakangan ini. Apalagi di tahun 2017 sekarang teknologi VR sudah dapat dirasakan dengan menjadikan smartphone sebagai layar untuk pengguna bisa merasakan menjelajah dunia virtual 3 dimensi seolah menjadi nyata. Nah, di dalam teknologi virtual realitu sendiri terdapat beberapa elemen yang terbagi ke dalam beberapa bagian. Rasanya tidak lengkap kalau tidak berkenalan juga dengan elemen-elemen yang ada di dalam teknologi virtual reality tersebut. Kecanggihan sebuah teknologi tentu tidaklah terlepas dari elemen-elemen penyusunnya bukan ? Lantas, apa saja elemen-elemen yang ada di dalam teknologi virtual reality ? Nah, berikut ini antara lainnya :

1. Virtual World

Virtual world adalah sebuah konten grafis ataupun hologram yang bisa menghadirkan dunia secara virtual dalam bentu screen play yang membuat pengguna seolah-olah berada di dunia nyata.

2. Sensory Feedback

Elemen yang satu ini adalah media untuk menyampaikan berbagai informasi dari virtual world ke indera dari pengguna teknologi virtual realitu. Beberapa informasi yang disampaikan kepada pengguna tersebut antara lainnya adalah pengelihatan, pendengaran sampai dengan sentuhan.

3. Interactivity

Elemen interactivity di dalam teknologi virtual reality berguna untuk memberikan respon pada segala gerakan serta sentuhan dari pangguna. Sehingga pengguna bisa melakukan interaksi secara langsung dengan berbagai obyek yang terdapat di dalam dunia virtual yang ditampilkan teknologi VR.

4. Immersion

Satu elemen lagi di dalam teknologi virtual realitu adalah immersion. Elemen yang satu ini dapat dibilang sebagai elemen yang sangat penting di dalam teknologi VR. Pasalnya, di bagian ini bisa memberi pengaruh kepada pengguna, baik secara fisik ataupun mental. Sehingga pengguna teknologi VR dapat merasa bahwa dirinya ada di sebuah lingkungan yang nyata, padahal yang sebenarnya pengguna hanyalah berada di dalam dunia virtual saja. Inilah letak keseruan dan bahkan letak keunggulan dari adanya teknologi ciamik virtual reality ini.

Nah, dari sudah mengenal berbagai elemen penting yang ada di dalam teknologi VR tersebut, kita pun kini tentu telah mengenal mengapa sebuah teknologi VR dapat membawa kita sampai seolah berada di lingkungan yang nyata, padahal hanya ada di dunia virtual saja. Ternyata hal tersebut tidaklah lain dikarenakan elemen-elemen yang menyusun sebuah teknologi virtual reality.

Sekarang ini di Indonesia sendiri kacamata VR box 3 dimensi semakin berkembang dengan pesat dan semakin banyak juga peminatnya. Karena cukup dengan kacamata VR tersebut, kemudian dengan smartphone yang sudah didukung juga dengan VR dan tampilan 3 dimensi, pengguna smartphone pun bisa merasakan untuk menjelajah dunia virtual. Mulai dari menonton film berbasis 3 dimensi, sampai dengan bermain game 3 dimensi yang memang sangat seru.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>